Mukadimah
May Day yang jatuh pada setiap tanggal 1 Mei secara
internsional diperingati sebagai Hari Buruh.
May Day merupakan hari yang menandai pergerakan dan perlawan buruh
terhadap penindasan dan penghisapan yang dilakukan oleh korporasi. May Day ditandai dengan aksi buruh untuk
menuntut hak-hak-nya dan perbaikan kondisi ekonomi dan social-nya. May Day merupakan aksi perlawanan terhadap
panjangnya jam kerja dan rendahnya upah serta kondisi kerja yang buruk. May Day dijadikan symbol perlawanan
internasional dikarenakan pada tanggal 1 Mei 1886 terjadi peristiwa pemogokan
buruh yang melibatkan kurang lebih 400.000 buruh mogok masal di Amerika Serikat
dengan tuntutan 8 jam kerja. Peristiwa
yang ditandai dengan tindakan represif aparat keamanan membawa korban darah dan
nyawa yang tidak sedikit. Pada bulan
Juli 1889, Konggres Sosialis Dunia di Paris menetapkan tanggal 1 Mei sebagai
Hari Buruh Internasional.
Di Indonesia, peringatan Hari Buruh sudah dilakukan sejak tahun
1920. Tetapi, saat rezim Orde Baru
berkuasa peringatan Hari Buruh diberangus dan dianggap sebagai aktivitas
subversive karena dituduh akan menganggu ketertiban umum dan keamanan nasional,
selain tuduhan sebagai peninggalan sosialisma dan dekat dengan komunisma. May Day baru bisa dilaksanakan lagi sejak
tahun 1999, dan sampai saat ini May Day tetap diperingati. Dan ternyata, sampai hari ini tidak ada May
Day yang berujung pada kerusuhan dan tindakan anarkis yang mengakibatkan
gangguan umum dan mengancam keamanan nasional.
Bahkan pada tahun 2013, 1 Mei dijadikan libur nasional dan berlaku sejak
tahun 2014. Implikasinya, May Day seakan
dijadikan hari besar tanda kemenangan Kaum Buruh tetapi juga berujung pada
pelemahan gerakan buruh itu sendiri.
May Day, Friday,
Holiday
Menyikapi pelemahan
gerakan buruh dan mengantisipasi peringatan May Day yang hanya bersifat
seremonial, beberapa elemen pegiat dan aktivis soial di Kota Malang menggelar
Diskusi dan Refleksi May Day 2015. Aktivitas
yang digawangi oleh aktivis social, aktivis mahasiswa, pelaku seni, akademisi
kritis, dan berbagai elemen lainnya memperluas spectrum May Day bukan hanya
memperingati Hari Buruh saja tetapi menyikapi permasalahan rakyat, permasalahan
ketidakadilan dan kemanusiaan secara luas.
Bukan hanya buruh tetapi juga petani, rakyat miskin, mahasiswa, dan
seluruh rakyat tertindas sebagai satu kesatuan permasalahan yang utuh. Demikian pula, May Day diperluas bukan semata
masalah ekonomi dan kelayakan kerja buruh tetapi juga masalah pendidikan,
kesehatan, social, seni dan budaya,lingkungan, serta politik yang pada
akhir-akhir ini semakin terasa terkomersialisasi, tidak adil, dan mengakibatkan
penderitaan rakyat yang luas.
Kegiatan Diskusi dan Refleksi Malang May Day 2015
dilaksanakan pada 1 Mei malam dengan mengambil tempat di pinggir Kali Brantas, tepatnya di Dinoyo
gang V, dihelat oleh kawan-kawan aktivis mahasiswa dan aktivis social yang
menjadi pelanggan setia Kedai Kopi Tjangkir 13.
Dengan mengajak serta berbagai elemen seperti aktivis mahasiswa,
seniman, dan tentu saja aktivis buruh, diskusi dan refleksi May Day diperluas
menjadi aktivisme peduli rakyat melawan ketidakadilan dan peminggiran serta
korban represi penguasa. Pada diskusi
dan refleksi kali ini bukan saja dihadirkan 5 (lima) narasumber dari berbagai
elemen seperti Bung Haris El-Mahdi akademisi dari Universitas Brawijaya, Bung Andy
aktivis KontraS Surabaya, Bung Lutfi aktivis buruh pendiri dan Ketua SPBI, Bung
Luki Hari seorang aktivis social dari Kota Malang, dan Bung Feri seorang
pegiat seni dan pemerhati masalah social.
Selain itu, ada pula pemutaran film documenter berjudul “KAMI YANG
MELAWAN”, film yang menceritakan penindasan dan perlawanan kawan-kawan buruh
dari Tansjogja. Diramaikan pula oleh
penampilan dari beberapa kelompok music yang menyuarakan keresahan tentang
permasalahan social di masyarakat serta teater (Celoteh) dan puisi dari Bung
Danny Mizhar yang menyuarakan pula penindasan dan aksi rakyat melawan
penindasan.
Diskusi dan Refleksi
May Day
Proses diskusi dan refleksi berjalan mengalir diawali dengan
testimony dan pernyataan sikap dari kawan-kawan mahasiswa mengenai kondisi
kekinian aktivisme mahasiswa seperti dilemma antara kuliah cepat lulus,
komersialisasi kampus, dan tidakan represi kampus terhadap kebebasan mimbar
akademik. Testimoni dan pernyataan sikap
sengaja dilakukan oleh moderator untuk menghangatkan daya kritis para peserta
yang lebih dari 100 orang dan didominasi oleh mahasiswa yang datang dalam kondisi
basah setelah Malang Raya diguyur hujan lebat sepanjang sore. Dan, diskusi dan refleksipun berjalan dengan
bukan lagi hangat tetapi panas.
Sebagai pembicara pertama, Bung Haris El-Mahdi akademisi dan
sosiolog dari Universitas Brawijaya memaparkan tentang gerakan buruh yang
semestinya menjadi gerakan social baru.
Gerakan social masyarakat yang bersifat cair dengan melibatkan berbagai
elemen masyarakat tertindas seperti petani dan rakyat miskin lain serta
melibatkan pula akademisi untuk memperluas gerakan. Gerakan social baru ini harus bersifat cair
menentang ketidakadilan dan penindasan terhadap kemanusiaan serta memanfaatkan
berbagai media yang dapat dipergunakan sebagai alat edukasi dan advokasi
seperti seni dan budaya, berbagai media termasuk media social.
Dilema mahasiswa saat ini adalah pilihan antara prestasi
akademik dan aktivisma. Tidak
dipungkiri, mahalnya biaya kuliah menjadi pertimbangan kuliah harus selesai
cepat, sedangkan aktivisma difitnah sebagai salah satu biang keladi penghambat
kelulusan tepat waktu. Belum lagi
represi penguasa kampus yang ingin memberangus kebebasan mimbar akademik. Mahasiswa harus membuat ruang-ruang akademik
sendiri, ruang episdemik dalam bentuk diskusi dan rencana aksi. Mahasiswa belum selesai dalam memaknai diri
dana aktivisme. Gerakan buruh dan
gerakan mahasiswa harus berafiliasi dengan gerakan rakyat lain untuk melawan
ketidakadilan dan penghisapan.
Bung Andy dari KontraS Surabaya sebagai pembicara kedua
menyampaikan, sebagai calon buruh (kelas menengah) mahasiswa seharusnya hadir menjadi pendorong gerakan dan
bukan menjadi penghambat gerakan buruh.
Gerakan buruh yang pada tahun 1998 sudah berbicara tentang saham untuk
buruh (swakelola) saat ini malah mundur karena bukan saja diakibatkan oleh
melemahnya gerakan buruh tetapi dilemahkan, dalam hal ini buruh kelas menengah
ikut berperan. Undang-Undang
Ketenagakerjaan (13/2003) dan Kerja Kontrak (outsourcing) (02/2014) menjadi puncak pelemahan gerakan buruh. Fleksibilitas tenaga kerja menjadikan daya
tawar buruh melemah, dan gerakan buruhpun kembali ke titik nadir. Buruh kelas menengah harus mampu menjadi
motor gerakan buruh pada saat ini, seperti yang terjadi di Korea Selatan, buruh
kelas menengah yang terdiri dari pada Insinyur, Ahli Hukum, Akuntan, dan
berbagai profesi lainnya menjadi motor penggerak gerakan buruh di Korea
Selatan. Diperlukan kesadaran baru dari
buruh kelas menengah dan diawali oleh para calon buruh kelas menengah yang
masih berstatus mahasiswa.
SOBSI merupakan serikat buruh terbaik di Asia pada jamannya,
tetappi dihancurkan oleh Rezim Orba karena berani menasionalisasi beberapa
perusahaan asing seperti Bir BIntang dan Unilever, yang kemudian oleh Rezim
Orba dikembalikan kepemililknya tanpa syarat.
Bahkan, HOS Tjokroaminoto belajar mengenai isu-isu terkeni dari gerakan
buruh (FSTP), demikian pula Bung Karno belajar pidato dari Semaoen seorang
aktivis buruh. Bahkan Sumpah Pemuda
dicetukan oleh kawan-kawan FSTP. SOBSI
dekat dengan PKI karena kesamaan program dan tujuan, tetapi SOBSI bukan bagian
dari PKI. Gerakan buruh jauh sejatinya lebih luas ketimbang gerakan partisan.
Gerakan mahasiswa sebagai gerakan calon buruh kelas menengah
haruslah menyesuaikan dengan gerakan jaman, tetapi tetap harus konsisten dan
kontinyu menyuarakan ketidakadilan. May
Day bukan hanya seremonial semata tetapi merupakan bagian dari proses gerakan
buruh yang berlangsung sepanjang tahun.
May Day adalah bagian dari proses gerakan buruh. Tetapi, memang saat ini direduksi menjadi
seremonial dengan kebijakan sebagai hari libur nasional.
Bung Lutfi, seorang aktivis buruh yang telah malang
melintang dalam gerakan buruh menyatakan bahwa mayoritas buruh yang ada di
Indonesia rendah pendidikannya.
Sehingga, buruh sangat mudah menjadi korban, bukan saja korban kapitalisma
tetapi juga korban politik. Buruh kelas
menengah seharusnya turut mendukung perjuangan dan gerakan buruh. Bahkan sudah
saatnya menjadi motor penggerak gerakan buruh di Indonesia saat ini.
Buruh telah berpolitik tetapi represi Negara yang menjadikan
buruh tidak bisa bergerak. Pada awal
kemerdekaan sudah ada serikat buruh, SOBSI da nada tandingan dari pihak milite
yang nanya SOKSI, tetapi setelah kudeta militer 1965 di bubarkan diganti dengan
FSBI (1965) dan kemudian diganti lagi menjadi SPSI (1987) sebagai satu-satunya
serikat buruh yang boleh ada di Indonesia.
Bahkan SOBSI dituduh sebagai under
bow dari PKI. Pada saat SPSI-lah
dirumuskan Upah Minimum sebagai batas bawah upah buruh yang bukan
menyejahyerakan buruh tetapi sebagai alat kendali terhadap buruh dan
menguntungkan korporasi. Upah minimum
dirumuskan oleh Dr. Sutomo. Sejak 1965
pergerakan buruh menjadi lemah dan dilemahkan.
Sebagai narasumber keempat, Bung Luki Hari yang adalah
aktivis social menjelaskan tentang adanya ilusi baru dalam dunia pendidikan
tinggi di Indonesia saat ini. Ilusi
pertama adalah “kewirausahaan” (entrepreneurship). Pemaksaan perubahan paradigm yang dipaksakan
karena menyempitnya lapangan pekerjaan.
Masakan anak petani yang belajar pertanian dipaksa belajar menjadi
usahawan, atau seorang yang belajar di bidang teknik dipaksa untuk menjadi
usahawan. Bukan semata karena urusan
kemajuan berfikir tetapi sebuah usaha cuci tangan penguasa yang tak mampu
menyediakan lapangan pekerjaan yang memadai.
Ilusi yang kedua adalah ilusi “kerja kantoran”, bukan saja semangat
menjadi PNS tetapi juga menjadi karyawan perusahaan-perusahaan Negara (BUMN)
tetapi juga perusahan trans nasional dan multi nasional. Padahal peluang untuk kerja kantoran juga
sempit, akhirnya bekerja apapun yang penting di kantor dan berpenampilan rapi,
walau gaji kecil dan kondisi kerja yang menyiksa. Buruh kelas menengah (khususnya yang kerja
kantoran) harusnya melawan, tetapi semangat melawan sangat rendah karena takut
kehilangan status sebagai pekerja kantoran.
Buruh tetaplah buruh, mau yang pabrikan yang berkerah biru (blue collar) maupun yang kantoran yang
berkerah putih (white collar)
tetaplah buruh, tetap menghadapi masalah yang sama, masalah ketidakadilan dan
penghisapan serta penindasan.
Gerakan buruh bukan semata-mata gerakan ekonomi, tetapi juga
gerakan social, masalah pendidikan dan kesehatan, kepastian hukum, dan berbagai
aspek lainnya. Bahkan seperti yang
dilakukan oleh Forum Buruh Lintas Pabrik (FBLP) di Jababeka telah menyentuh
gerakan jender. Atau seperti Marsinah FM
yang melakukan gerakan advokasi hukum dan budaya. Sedangkan gerakan mahasiswa adalah belajar,
berorganisasi, dan beraksi. Belajar
untuk mengasah intelektualitas, berorganisasi untuk mengasah kecerdasan social,
dan beraksi untuk mengasah empati.
Seperti yang dulu dilakukan oleh CGMI, dibentuk kelompok-kelompok studi
yang bukan hanya kelompok belajar semata tetapi mengembangkan wacana kritis
kampus dan wacana kritis aksi. Selain
itu, masalah sektarianisma masih menjadi masalah di kampus. Sifat saling mencurigai antara organisasi
intra kampus dan organisasi ekstra kampus masih kental, padahal seharusnya
dibangun ruang-ruang diskusi dan aktivisma bersama serta membangun demokrasi
kampus. Apalai isu yang dihadapi di
kampus dan juga di luar kampus sama, masalah kemanusiaan dan ketidakadilan. Selain itu, organisasi mahasiwa masih
bersifat maskulin. Karena aktivitas yang dilakukan di malam hari dan ruang
diskusi yang dipenuhi asap rokok.
Narasumber yang kelima adalah Bung Feri, seorang pelaku seni
yang perhatian terhadap masalah-masalah social.
Disampaikan bahwa kewajiban seniman adalah merekam keresahan dan
permasalahan social dan menuangkannya dalam karya untuk melawan ketidakadilan
dan mendukung perjuangan rakyat. Seniman
harus bergerak mendukung gerakan buruh dan gerakan rakyat melawan ketidakadilan
dan penindasan.
Pada akhirnya, Moderator menarik simpulan bahwa (1)
permasalahan bersama rakyat adalah ketidakadilan, (2) gerakan buruh adalah politik
dan gerakan social baru, (3) peran intelektual, akademisi, dan kelas menengah
besar untuk mendukung gerakan rakyat,
(4) seniman berperan untuk menyuarakan ketidakadilan.
Malang, 05.05.2015
Daniel S. Stephanus
2 komentar:
KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
berikan 4 angka [7273] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA WARSITO,,di no (((085-342-064-735)))
insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 870 JUTA , wassalam.
dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....
Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!
1"Dikejar-kejar hutang
2"Selaluh kalah dalam bermain togel
3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel
4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat
5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..
Solusi yang tepat jangan anda putus asah... KI JAYA WARSITO akan membantu
anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:
butuh angka togel 2D ,3D, 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: KI JAYA WARSITO DI NO: [[[085-342-064-735]]]
ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D
ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/
ANGKA RITUAL; KUDA LARI 2D/3D/4D/
ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/
ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILAND
ANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D
DAN PESUGIHAN TUYUL
Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual MBAH…Angka MBAH EROK PRANAL Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu NomoR MBAH EROK PRANAL..Saya coba beli Paket 4D ternyata Tembus…dan Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib MBAH EROK PRANAL…Yang SaYa Minta Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer MBAH EROK PRANAL 085 377 797 151.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))
Posting Komentar