Senin, 15 April 2019

Profil Credit Union (Koperasi Kredit) SAWIRAN


PROFIL CREDIT UNION SAWIRAN

SEJARAH
Awal Mula
Credit Union Sawiran adalah lembaga keuangan yang berfokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat. Credit Union berbasiskan pada kepercayaan anggota yang memiliki saham sebagai bentuk kepemilikan. Seluruh kegiatan lembaga mengarah pada satu tujuan, yaitu kesejahteraan Anggota. Dikelola secara professional, CU Sawiran melangkah dengan memberikan pelayanan keuangan yang dibutuhkan masyarakat luas dengan mempersembahkan produk-produk simpanan, pinjaman, dan jasa keuangan lain.
Dalam pelayanannya CU Sawiran berbasis pada gerakan credit union yang terbuka dan jelas sistem pengelolaannya. Kebijakan lembaga dibuat, dilaksanakan dan dikontrol dengan sangat terbuka dan demokratis oleh Anggota.
Rm. Willy Malim Batuah, CDD
Credit Union Sawiran didirikan dari sebuah gagasan Rm. Willy Malim Batuah, CDD, mencari solusi untuk masyarakat sekitar Dusun Sawiran yang kesulitan mencari modal kerja murah dan mudah sehingga dapat membantu meningkatkan jumlah pendapatan dan taraf hidup mereka. Gagasan ini diperkuat dengan kegelisahan beliau melihat kenyataan banyaknya praktek rentenir dengan kredit berbunga sangat tinggi.
Rm. Willy Malim Batuah, CDD melihat bahwa yang dibutuhkan masyarakat Dusun Sawiran saat itu adalah sebuah lembaga yang dapat memenuhi kebutuhan mereka akan modal kerja, sehingga mereka dapat secara mandiri menjalankan kehidupan mereka.
Maka Tahun 1989 Rm. Willy Malim Batuah, CDD mendirikan koperasi bagi karyawan Rumah Retret Sawiran di dusun Sawiran Kelurahan Dawuhansengon Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Meningkatnya taraf hidup para karyawan RR Sawiran inilah yang menggugah mereka untuk mengikut sertakan keluarganya, dan juga tetangga serta masyarakat sekitar. Karena jumlah yang dilayani semakin banyak, maka Kopkar Sawiran pun dibuka untuk umum, dan tidak hanya melayani karyawan saja.
Rm. Willy Malim Batuah, CDD melihat bahwa gerakan credit union yang sedang berkembang, adalah suatu model yang sangat sesuai bagi kondisi masyarakat, dan juga para anggota Kopkar. Maka pada tahun 2000 diputuskan untuk mengubah nama lembaga menjadi CU Sawiran, yang melayani semua anggota masyarakat secara terbuka, tanpa kecuali. Semua orang bisa menjadi anggota tanpa memandang tingkat ekonomi, pendidikan, agama, suku dan budaya. Sampai saat ini kami telah melayani ribuan Anggota di 13 Tempat Pelayanan di beberapa kota di Jawa Timur.



VISI & MISI
Visi
Menjadi lembaga keuangan yang berkualitas dan profesional dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengedepankan pemberdayaan perekonomian rakyat.
Misi
1.     Meningkatkan kualitas Lembaga, SDM, Anggota dalam menuju masyarakat yang bebas finansial.
2.     Meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat dengan memberikan pelayanan yang prima dan profesional dalam menata perekonomian masyarakat.
3.     Mengajak masyarakat meningkatkan perekonomian dengan kekuatan yang ada dalam diri masyarakat dengan pengelolaan ekonomi.


NILAI-NILAI & BUDAYA (HEART)
1.     Humble
CU Sawiran adalah sekumpulan orang-orang sederhana dengan visi jauh kedepan yang memberikan pelayanan dengan kerendahan hati, untuk turut serta dalam perbaikan sikap hidup masyarakat.

2.     Empathy
Setiap orang terlibat dalam CU Sawiran, dalam memberikan pelayanan selalu mengedepankan pendekatan personal, mendengar lebih banyak apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

3.     Antusiasme
Setiap orang yang terlibat dalam CU Sawiran, dalam memberikan pelayanan selalu penuh semangat untuk saling berbagi dalam rangka peningkatan sikap hidup.

4.     Reliable
CU Sawiran adalah lembaga yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya untuk pemenuhan kebutuhan finansial maupun non finansial masyarakat.

5.     Tangible
Apa yang dilakukan oleh CU Sawiran adalah karya nyata yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.


KEANGGOTAAN
Jenis Keanggotaan

Anggota
Anggota adalah seseorang yang sudah dewasa, mempunyai kekuatan dihadapan hukum, memiliki pekerjaan dan penghasilan pasti dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh kopdit CUSAWIRAN.
Anggota Luar Biasa
Anggota Luar Biasa adalah anak-anak dibawah 15 tahun dan secara ekonomis masih tergantung pada orang tua atau walinya.
Cara Bergabung
1.     Mengisi formulir permohonan data diri.
2.     Melampirkan foto copy KTP Calon Anggota dan suami/istri (jika sudah menikah).
3.     Melampirkan foto copy Kartu Keluarga.
4.     Melewati proses Calon Anggota selama 2 (dua) bulan.
5.     Memenuhi saham awal minimal sebesar Rp. 1.000.000,-
6.     Mengikuti Pendidikan Dasar Anggota, serta telah memahami dan menaati Anggaran Dasar dan Pola Kebijakan Kopdit CUSAWIRAN.

Anggota Baru
Menyetor saham awal sebesar Rp. 1.025.000,- dengan rincian:
·         Simpanan Pokok Rp. 750.000,-
Hanya disetor satu kali saja selama menjadi anggota.
·         Simpanan Wajib Rp. 150.000,-
Minimal Rp. 50.000 disetor setiap bulan secara rutin selama menjadi Anggota.
·         Simpanan Sukarela Rp. 100.000,-
Simpanan untuk memperbesar saham Anggota. Berasal dari setoran Anggota maupun dari potongan pinjaman wajib simpan Anggota.
·         Uang Pangkal Rp. 25.000,-

Keuntungan Menjadi Anggota
1.     Anggota adalah PEMILIK CU Sawiran, karena mempunyai simpanan saham sebagai bentuk kepemilikan serta memperoleh keuntungan dari pendapatan lembaga berupa Surplus Hasil Usaha.
2.     Memperoleh jaminan keamanan atas simpanan saham dan pinjaman dalam bentuk PERMATA (Perlindungan Simpanan dan Pinjaman Anggota) bebas premi.
3.     Memperoleh penghargaan atas loyalitas anggota dalam bentuk Dana Sosial yang berlaku tidak hanya untuk Anggota, namun untuk seluruh keluarga inti Anggota yaitu:
o    Dana Sosial Suka, apabila Anggota menikah dan Anggota/Istri melahirkan.
o    Dana Sosial Duka, apabila Anggota atau keluarga inti Anggota meninggal dunia.
o    Dana Sosial Pendidikan, bagi Anggota atau putra-putri Anggota.
o    Dana Sosial Rawat Inap, apabila Anggota dan keluarga inti Anggota sakit dan perlu dirawat di rumah sakit.
4.     Memperoleh produk simpanan yang memenuhi kebutuhan seluruh keluarga.
5.     Memperoleh fasilitas pinjaman untuk berbagai kebutuhan.
6.     Mendapatkan layanan konsultasi pengelolaan keuangan.
7.     Mengikuti gathering anggota dalam Rapat Anggota Tahunan.
8.     Menolong orang lain dan saling membantu diantara Anggota credit union. Menjaga kebersamaan dan kelangsungan lembaga secara bersama-sama.


PRODUK SIMPANAN
Simpanan Bunga Harian (SIBUHAR)
Adalah simpanan yang diperuntukkan bagi kebutuhan sehari-hari Anda yang sangat fleksibel dan menguntungkan
·         Dapat disetor-tarik sewaktu-waktu apabila diperlukan.
·         Dapat disetor dan ditarik dimana saja di seluruh tempat pelayanan CU Sawiran.
·         Tanpa biaya administrasi bulanan, sehingga saldo tidak akan terpotong.
·         Setoran awal yang ringan, hanya Rp. 35.000,- dan setoran selanjutnya mulai Rp. 5.000,- (untuk SiSiswa Setoran awal Rp. 5.000,- dan setoran selanjutnya Rp. 2000,-)
·         Memudahkan transaksi Anda, karena Sibuhar dapat juga disetor melalui transfer bank, menerima transfer dari bank, maupun mengirimkan dana dari sibuhar ke rekening bank Anda.
·         Tersedia layanan jemput bola (setor/tarik tabungan melalui staff CU Sawiran di rumah/kantor/pasar) – untuk wilayah tertentu.
·         Jasa simpanan yang bersaing dengan bunga bank papan atas.

Simpanan Bunga Harian Calon Anggota (SiCalang)
Simpanan untuk Calon Anggota CU Sawiran, diperuntukkan bagi Anda yang mendaftar menjadi Anggota.
Simpanan Bunga Harian Umum (SiHarum)
simpanan yang dapat dimiliki siapa saja dengan keleluasaan menyetor dan menarik sewaktu-waktu.
Simpanan Bunga Harian Anggota (SiHarta)
Simpanan khusus untuk Anda yang sudah menjadi anggota dan membutuhkan transaksi yang fleksibel.
Simpanan Bunga Harian Siswa (SiSiswa)
Simpanan khusus bagi anak-anak dan siswa sekolah dengan buku tabungan atas namanya sendiri untuk mendorong semangat menabung sejak dini.
Persyaratan
1.     Mengisi formulir rekening simpanan dengan lengkap.
2.     Melampirkan foto copy identitas diri (KTP/SIM/Kartu Pelajar) yang masih berlaku.
3.     Setoran awal minimal Rp. 35.000,- dan Rp. 5.000,-(untuk SiSiswa).
4.     Saldo yang tersisa setiap dilakukan pengambilan minimal Rp. 10.000,- dan Rp. 5000,-(untuk SiSiswa)

Bagaimana dengan setoran selanjutnya ?
1.     Anda dapat datang di tempat pelayanan terdekat, setoran selanjutnya minimal Rp. 5.000,- dan Rp. 2000,- (untuk SiSiswa)
2.     Memanfaatkan jasa jemput bola, apabila Anda berada dalam komunitas layanan kami, tanpa dipungut biaya (sillahkan menghubungi tempat pelayanan terdekat untuk layanan ini)

Simpanan Pendidikan Anak Pintar (SIPINTAR)
Persiapkan dana pendidikan putra-putri Anda dengan SiPintar dengan jangka waktu 5 – 15 tahun. Setiap pemilik SiPintar dapat memilih untuk setoran awal mulai Rp. 500.000,- yang disetor hanya satu kali, dan setoran bulanan mulai Rp. 50.000,- selama masa kontrak.
Keuntungan
·         Investasi terjangkau, dan jumlahnya dapat anda sesuaikan dengan keinginan Anda.
·         Tunjangan regular sebesar 2% dari saldo tabungan aktual ketika kenaikan kelas/kenaikan tingkat setiap tahun, serta tunjangan prestasi sebesar 2-3% dari saldo tabungan aktual, ketika putra-putri Anda meraih ranking 1, 2, dan 3.
·         Jasa Simpanan yang sangat menarik .
·         Jasa Simpanan tetap sesuai dengan saat formulir aplikasi ditanda tangani.
·         Dapat dipergunakan untuk jaminan pinjaman, apabila Anda adalah anggota CU Sawiran.

Persyaratan
1.     Mengisi formulir permohonan rekening Sipintar dengan lengkap.
2.     Melampirkan foto copy identitas diri pemohon dan orang tua/penyantun (KTP/SIM/Akte Kelahiran/Kartu Pelajar) yang masih berlaku.
3.     Melampirkan foto copy Kartu Keluarga.
4.     Setoran awal dan biaya meterai.

Simpanan Masa Depan Terpercaya (SIMASTER)
Produk Simaster CU Sawiran dapat Anda pergunakan untuk investasi jangka panjang keluarga Anda. Kami yakin anda pasti memikirkan yang terbaik untuk masa depan keluarga Anda, sekaligus hari tua Anda. Kami juga percaya anda pasti ingin mewujudkan cita-cita untuk terbebas dari masalah finansial di kemudian hari. Anda dapat memilih jangka waktu simpanan mulai 2 s/d 15 tahun.
Anda juga dapat memilih mana yang lebih sesuai antara
·         SiMaster Dimuka : disetor satu kali saja pada saat pembukaan rekening, mulai dari Rp. 500.000,-
·         SiMaster Bulanan : disetor setiap bulan dengan jumlah yang anda tentukan sendiri, mulai dari Rp. 50.000,-/bulan.

Keuntungan
·         Investasi terjangkau, dan jumlahnya dapat anda sesuaikan dengan keinginan anda.
·         Jasa simpanan yang sangat menarik untuk SiMaster Dimuka dan untuk SiMaster Bulanan.
·         Jasa simpanan tetap sesuai dengan saat formulir aplikasi ditanda tangani.
·         Dapat dipergunakan untuk jaminan pinjaman, apabila anda adalah anggota CU Sawiran.

Persyaratan
1.     Mengisi formulir permohonan rekening simpanan dengan lengkap.
2.     Melampirkan foto copy identitas diri pemilik rekening dan ahli waris (KTP/SIM/Kartu Pelajar) yang masih berlaku.
3.     Melampirkan foto copy Kartu Keluarga.
4.     Setoran awal dan biaya meterai.

CEMERLANG
Simpanan Cemerlang adalah simpanan yang dapat anda pergunakan untuk investasi jangka pendek dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.
Jangka Waktu
Anda dapat memilih waktu investasi sesuai dengan kebutuhan anda :
·         Jangka waktu 1 bulan
·         Jangka waktu 3 bulan
·         Jangka waktu 6 bulan
·         Jangka waktu 12 bulan

Keuntungan
·         Investasi terjangkau, mulai dari Rp. 1.000.000,-.
·         Dapat dipergunakan sebagai jaminan pinjaman, apabila anda adalah anggota CU Sawiran.
·         Dapat di perpanjang secara otomatis, sesuai dengan keinginan anda.

Persyaratan
·         Anda cukup mengisi Formulir Simpana Cemerlang yang telah disediakan.
·         Lampirkan foto copy Identitas diri (KTP, SIM, Papor/lainnya) yang masih berlaku.
·         Setoran minimal Deposito Berjangka sebesar Rp 1.000.000,-.


PRODUK PINJAMAN
Pinjaman Keanggotaan
Pinjaman diberikan kepada Anggota yang berdomisili di wilayah kerja CU Sawiran. Format pelayanan, prosedur, proses, dan jasa pinjaman yang diterapkan sama kepada semua Anggota CU Sawiran.
Pinjaman Umum
·         Jenis pinjaman ini dapat digunakan untuk keperluan modal kerja, investasi, renovasi rumah, pendidikan, dan lain-lain.
·         Plafon pinjaman disesuaikan dengan kemampuan mengembalikan dan jumlah saham (menjadi pertimbangan).
·         Jangka waktu pengembalian maksimal 48 bulan.

Pinjaman Kendaraan Bermotor (PKB)
·         Pinjaman yang diperuntukkan untuk pembelian kendaraan bermotor .
·         Plafon pinjaman disesuaikan dengan kemampuan pengembalian dan penilaian taksasi barang jaminan, jumlah saham (menjadi pertimbangan).
·         Jangka waktu pelunasan maksimal 48 bulan.

Pinjaman Pemilikan Tanah dan atau Rumah (PPTR)
·         Pinjaman yang dapat Anggota pergunakan untuk pembelian Rumah maupun Tanah. Pinjaman ini tidak berlaku untuk renovasi rumah.
·         Plafon pinjaman disesuaikan dengan kemampuan pengembalian dan penilaian taksasi barang jaminan, jumlah saham (menjadi pertimbangan).
·         Jangka waktu Pelunasan maksimal 180 bulan.

Pinjaman Musiman
·         Pinjaman musiman diberikan kepada Anggota untuk menunjang usaha dengan siklus pendapatan musiman, dan tidak diperbolehkan untuk kebutuhan lain.
·         Jangka waktu musiman dapat dipilih sebagai berikut: 3 bulanan atau 6 bulanan.

Pinjaman Darurat
·         Pinjaman yang diberikan untuk kepentinngan yang bersifat darurat
·         Plafon pinjaman maksimal Rp. 500.000.
·         Jangka waktu pelunasan maksimal 2 bulan.

Pinjaman Produktif
·         Pinjaman bagi anggota untuk keperluan modal usaha dan membutuhkan modal jangka pendek.
·         Plafon pinjaman disesuaikan dengan kemampuan pengembalian, nilai jaminan, dan kapasitas usaha. Dengan jangka waktu pelunasan maksimal 28 hari.

Pinjaman Kapitalisasi
·         Pinjaman khusus untuk membuka tabungan Simaster dan / atau Sipintar dengan plafon pinjaman maksimal sebesar nilai simpanan yang akan dibuka.
·         Jangka waktu pelunasan maksimal 12 bulan.
·         Sertifikat Simaster dan/atau Sipintar diserahkan setelah pinjaman tersebut lunas.

Pinjaman Pengadaan Komputer
·         Pinjaman untuk memenuhi kebutuhan Anggota yang membutuhkan komputer, baik PC maupun laptop (notebook).
·         Plafon pinjaman disesuaikan dengan harga komputer atau laptop (notebook) yang dipilih.
·         Jangka waktu pelunasan maksimal 12 bulan.

Pinjaman Smart
·         Pinjaman yang diberikan untuk kebutuhan yang bersifat darurat atau kebutuhan lain
·         Plafon pinjaman sebesar simpanan saham & simpanan berjangka saat pengajuan pinjaman
·         Jangka waktu pelunasan maksimal 48 bulan.

Pinjaman Investasi & Konsumtif
·         Pinjaman yang diberikan untuk kebutuhan biaya pendidikan, kesehatan, konsumtif, & investasi
·         Plafon pinjaman disesuaikan dengan kemampuan pengembalian dan penilaian taksasi barang jaminan, jumlah saham (menjadi pertimbangan).
·         Jangka waktu pelunasan maksimal 48 bulan.

Pinjaman Usaha Mandiri
·         Pinjaman yang diberikan kepada Anggota untuk menunjang usaha.
·         Plafon pinjaman disesuaikan dengan kemampuan pengembalian dan penilaian taksasi barang jaminan, jumlah saham (menjadi pertimbangan).
·         Jangka waktu pelunasan maksimal 48 bulan.

Pengajuan Pinjaman
Bagi Anda yang sudah menjadi Anggota CU Sawiran, dan ingin memanfaatkan fasilitas Pinjaman, berikut langkah-langkahnya :
1.     Mengisi Formulir
Pemohon mengisi formulir permohonan kredit dan formulir data diri calon peminjam yang tersedia di kantor CU dan menyertakan foto copy KTP suami dan istri (orang tua jika belum menikah), KK, jaminan, surat nikah, slip gaji, cashflow (untuk yang wiraswasta).

2.     Verifikasi Data
Bersedia dilakukan verifikasi data untuk konfirmasi atas data pribadi yang diberikan. Memiliki track record (rekam jejak) yang baik dalam melaksanakan kewajiban atas simpanan dan pinjaman.

Hal-Hal Yang Perlu Diketahui
1. Anggota luar biasa tidak diperkenankan mengajukan permohonan pinjaman. Tetapi sahamnya dapat menjadi jaminan pinjaman anggota biasa.

2. Penjamin
·         Pengurus, pengawas, penasihat, dan pelaksana TIDAK DIPERBOLEHKAN menjadi penjamin pinjaman anggota.
·         Untuk pengajuan pinjaman oleh Pengurus, Pengawas, dan Pelaksana, selain memenuhi peraturan diperlakukan syarat tambahan yaitu: dijamin oleh 1 (satu) orang pengurus dan 1 (satu) orang pengawas.

3. Jaminan
·         Jaminan pinjaman berupa simpanan saham anggota dan/atau simpanan lainnya yakni cemerlang, Simaster, Sipintar, Sibuhar.
·         Semua jenis pinjaman mewajibkan jaminan apabila plafon pinjaman melebihi jumlah semua simpanan yang dijaminkan. Bila selisih plafon pinjaman tidak terlalu besar dengan jaminan simpanan maka dapat menggunakan jaminan usaha.
·         Jaminan berupa benda tidak bergerak (Tanah & Bangunan) berapapun nilai pinjamannya wajib untuk diteguhkan dengan akta notaris. Biaya akta notaris ditanggung oleh peminjam sedangkan peminjam dikenakan potongan 1% untuk jasa pelayanan dan 0,5% untuk tanggung renteng.
·         Komite Kredit dapat menentukan jenis jaminan demi keamanan asset lembaga berupa: Jaminan benda tidak bergerak berupa tanah & bangunan harus disertai bukti kepemilikkan, Sertifikat maupun belum bersertifikat (AJB).
·         Surat Kuasa pemotongan gaji dapat digunakan sebagai jaminan asalkan ada surat kuasa pemotongan gaji yang disahkan oleh pimpinan instansi dimana anggota yang bersangkutan bekerja.

FASILITAS ANGGOTA
PERLINDUNGAN SIMPANAN DAN PINJAMAN ANGGOTA (PERMATA)
Setiap Anggota CU Sawiran secara otomatis terdaftar sebagai anggota PERMATA yang dikelola oleh Puskopdit Jatimtim. PERMATA adalah lembaga yang melindungi simpanan dan pinjaman Anggota apabila terjadi musibah (meninggal dunia atau mengalami cacat total). Bila Anggota meninggal dunia atau mengalami cacat total, ahli warisnya akan mendapat santunan PERMATA berupa PENGHAPUSAN PINJAMAN dan SANTUNAN DUKA sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Perlindungan Pinjaman Anggota
Maksimal Rp. 100.000.000,- (Seratus juta rupiah) dengan usia mulai dari 17 tahun.
NO
GOLONGAN USIA
SANTUNAN
1
17 Th ≤ X ≤ 60 Th
100%
2
60 Th < X ≤ 70 Th
75%
3
> 70 Th
25%

Perlindungan Simpanan
Maksimal Rp. 25.000.000,- (Dua puluh lima juta rupiah) dengan usia mulai dari 1 tahun.
NO
GOLONGAN USIA
SANTUNAN
1
1 Th ≤ X ≤ 60 Th
100%
2
60 Th < X ≤ 70 Th
75%
3
> 70 Th
25%

Misalnya, seorang Anggota meninggal dunia pada usia 50 tahun. Pada saat itu, ia masih memiliki pinjaman sebesar Rp. 85.000.000,- dan memiliki simpanan saham sebesar Rp.25.000.000,-.
Maka ahli waris anggota tersebut, akan memperoleh keuntungan yaitu :
·         tidak perlu melunasi sisa pinjaman, karena dilunasi 100% oleh PERMATA.
·         menerima kembali saldo simpanan saham sebesarRp. 25.000.000,- sekaligus memperoleh santunan sebesar 1x simpanan saham, yaitu sebesar Rp. 25.000.000,-.

Pinjaman Yang Melebihi Batas Perlindungan
Pinjaman yang jumlahnya melebihi batas penjaminan sesuai ketetapan PERMATA, maka sisanya ditanggung oleh ahli waris atau keluarga Anggota yang bersangkutan. Sebagai anggota PERMATA, Anggota tidak dibebani pembayaran iuran PERMATA, karena lembaga yang membayarnya.
Persyaratan Mengajukan Klaim PERMATA
1.     Buku Anggota asli yang bersangkutan.
2.     Surat Permohonan dan perjanjian pinjaman yang asli (bagi Anggota yang memiliki pinjaman)
3.     KTP atau tanda pengenal lain (asli) yang bersangkutan.
4.     Surat keterangan telah meninggal dunia/ cacat total (dari dokter/rumah sakit/pejabat agamaatau pejabat pemerintah setempat), Apabila berupa fotokopi harus di legalisir oleh dokter/ rumah sakit/ pejabat agama pejabat pemerintah setempat.
5.     Batas pengajuan klaim selambat-lambatnya 90 hari (3 bulan) setelah tanggal kejadian (meninggal dunia atau cacat total).

Dana Sosial
Setiap Aggota CU Sawiran berhak mendapatkan dana sosial
Dana Sosial Suka
Adalah dana sosial yang diberikan kepada Anggota atau istri anggota yang melahirkan sebagai tanda kami ikut berbahagia atas keluarga Anggota.
·         Anggota / istri anggota yang melahirkan, sebesar Rp. 200.000,-

Dana Sosial Pendidikan
Adalah dana sosial yang diberikan kepada Anggota / putra-putri Anggota yang masuk sekolah atau memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Masuk TK/SD
:
Rp. 100.000,-
Masuk SLTP
:
Rp. 125.000,-
Masuk SMU
:
Rp. 150.000,-
Perguruan Tinggi/Universitas
:
Rp. 175.000,-

Dana Sosial Rawat Inap
Adalah dana sosial yang diberikan untuk meringankan biaya rawat inap Anggota dan keluarga intinya yang sakit dan perlu dirawat di rumah sakit. Dana ini diberikan maksimal untuk 10 hari dalam satu tahun buku. Klaim dana sosial rawat inap Anggota Luar Biasa tidak dapat menanggung penyantun.
USIA KEANGGOTAAN
∑ DANA YANG DIDAPAT / HARI
X < 5 Tahun
Rp. 100.000,-
5 Tahun ≤ X ≤ 10 Tahun
Rp. 150.000,-
X > 10 Tahun
Rp. 200.000,-

Dana Sosial Duka
Adalah dana sosial yang diberikan kepada Anggota yang berduka karena kehilangan anggota keluarga inti yang meninggal dunia, sebesar Rp. 250.000,-
Persyaratan Mendapatkan Dana Sosial
·         Dana Sosial diberikan kepada Anggota yang sudah 1 (satu) tahun menjadi Anggota.
·         Mengisi formulir, foto copy KTP Anggota, foto copy KK, dan surat kelengkapan lainnya.
·         Disiplin terhadap semua kewajibannya.
·         Batas waktu pengambilan Dana Sosial tidak lebih dari 60 hari setelah kejadian.
·         Apabila terjadi pelanggaran atas batas waktu pengambilan Dana Sosial maka klaim tidak diterima.

3 komentar:

AMISHA mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Unknown mengatakan...

Mohon info persyaratan keluar keanggotaan

Unknown mengatakan...

Halo semua, Kad ATM kosong yang saya dapat dari penggodam ATM kosong Mike Fisher membantu menyelamatkan nyawa saya. Saya berada dalam keadaan yang sangat teruk dari segi kewangan tetapi kemudian rakan saya memberitahu saya tentang mereka. Saya ragu-ragu mengenainya tetapi dia meyakinkan saya bahawa ia berfungsi untuknya, jadi saya memesan satu dan inilah saya, kembali ke kaki saya. Yang terbaik di luar sana dengan banyak pengeluaran sehingga $ 80000 sebulan, penggunaan yang mudah dan sangat selamat juga, kedatangannya dalam masa kurang dari seminggu. Sekiranya ada yang memerlukan penjimatan kewangan, anda boleh menghubungi mereka di blankatm156@gmail.com. Saya tidak dapat menyatakan betapa bersyukurnya saya kepada blankatm156@gmail.com kerana meletakkan saya dalam kedudukan kewangan yang lebih baik. E-mel: blankatm156@gmail.com