Jumat, 02 Agustus 2013

Rambu2 Akreditasi Program Studi (Akuntansi)


RAMBU-RAMBU REAKREDITASI PROGRAM STUDI (AKUNTANSI)

Akreditasi
·         Status mutu Program Studi sesuai standar mutu Badan Akreditasi Negara Perguruan Tinggi (BAN-PT).
·         Status lulusan sesuai dengan nilai akreditasi terakhir, bukan status akreditasi saat lulus.

Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi
·         Akreditasi untuk Rektorat dan Unit-Unit Pengelola.
·         Dilaksanakan kurang lebih 4 hari dengan 4—7 orang asesor.
·         Dosen Kontrak dapat diakui.
·         Kegiatan pakar hanya diakui yang berkaitan dengan keilmuan.

Akreditasi Program Studi
·         Direktorat Penjaminan Mutu (Universitas) à Fakults (Gugus Tugas) à Prodi (Unit Penjaminan Mutu).
·         Dosen diharuskan “in line” satu bidang keilmuan dengan prodi tempatnya berada.

Undang-Undang tentang Badan Hukum Pemerintah:
·         100 poin penilaian (75% dari BORANG PRODI).
·         45 poin dari Pengelolaan (Evaluasi Diri 10% + Pengelolaan 15%).
·         = (Evaluasi Diri 10% + Borang 75% + Pengeloaan 15%).


Buku II. Standard an Prosedur Akreditasi Sarjana
Terdiri dari 7 standar:
1.       Visi, Misi, dan Strategi (Borang)
·         Universitas à Fakultas à Prodi, harus selaras.
·         Menggunakan jangka waktu, Jangka Pendek à Jangka Menengah à Jangka Panjang.
·         Penilaian pada kerealistisannya.
Contoh: Mahasiswa bertambah, lulusan bertambah, tetapi tidak ada Doktor.  Tidak realistis karena tidak ada peneliti pada prodi tersebut.
·         Tujuan dan sasaran harus ada target waktu (jangka pendek – menengah – panjang).  Sesuai dengan tuntutan jaman.

2.       Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu
·         Good Corporate Governance di bidang:
o   Penelitian,
o   Publikasi Ilmiah,
o   Pengabdian Kepada Masyarakat,
o   Call for Paper (khususnya Simposium Nasional Akuntansi – SNA).
·         Kepemimpinan Publik,
·         Penjaminan Mutu
o   Internal: Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI),
o   Ekternal: (ISO dan lain sebagainya).
3.       Mahasiswa dan Kelulusan
·         Animo calon mahasiswa dan mahasiswa (publikasi, publisitas, dan promosi).
·         Persentase Drop out, persentase lulusan, dan treasure study.
·         Kesesuaian pekerjaan lulusan dengan prodi.
·         Kelulusan (tracer study)
o   Waktu tunggu,
o   Kesesuaian dengan program studi,
o   Kepuasan pemangku kepentingan (stakeholders).
·         Tahun Studi
o   Tahun studi yang berakhir pada bulan September, kolom harus terisi sesuai dengan data baik Mahasiswa maupun Dosen.  Jumlah harus benar.
o   Total pada masing2 kolom harus terisi.

4.       Sumber Daya Manusia
·         Undang-Undang Guru dan Dosen: S1 diajar oleh S2; S2 diajar oleh S3; dan S3 diajar oleh Guru Besar.
·         Publikasi di Jurnal Terakreditasi.
·         Pendidikan lanjut untuk Dosen (khususnya ke S3) secara bergilir.
·         NIDN dan JAFA.
·         Pendidikan Lanjutan seperi Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk) dan Program Doktor dimintakan dana dari Universitas untuk pengirimannya.
·         Pemanfaatan Dosen Tidak Tetap atau Dosen Tamu baik Pakar maupun Praktisi dari dalam dan luar negeri.

5.       Kurikulum, Pembelajaran, dan Sarana Akademik
·         Mata Kuliah Praktikum memadai.
·         Mata Kuliah Pilihan (12 SKS atau 4 Mata Kuliah).
·         Matakuliah Pilihan terdiri dari 4 mata kuliah yang diambil dari total 16 mata kuliah pilihan.
·         Tugas Akhir (skripis, proyek, maupun rancangan bisnis) harus terpublikasi minimal pada jurnal local.
o   S1: Jurnal local (non akreditasi),
o   S2: Jurnal Nasional Terakreditasi,
o   S3: Jurnal Internasional (1 publikasi) atau Jurnal Nasional Terakreditasi (2 publikasi)
·         Tugas Akhir di Jurusan Akuntansi Universitas Brawijawa
Bab 1. Pendahuluan
Bab 2. Landasan Teori dan Pengembangan Hipotesis
Bab 3. Metoda Penelitian
Bab 4. Analisis dan Pembahasan
Bab 5. Penutup
·         Peninjauan dilakukan 5 tahun sekali,
·         Silabus dilakukan peninjauan 2 tahun sekali.
·         Buku teks (jumlah judul dan jumlah kopian setiap judul sesuai dengan jumlah kebutuhan).
·         Jurnal (minimal 3 tahun terakhir dengan nomor yang urut).




6.       Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, Sistem Informasi
·         Anggaran: jumlah (nominal) harus disebutkan untuk Dana Peneliltian dan Dana Pengabdian kepada Masyarakat.
·         Pengajuan Skim DP2M (data di LPPM).
·         Dana riset dan abdimas dikelola oleh Fakultas (Wakil Dekan).
·         Acuannya adalah jumlah mahasiswa.

Pembiayaan
Sarana dan Prasana
Sistem Informasi
Terpusat di Universitas
Perpustakaan
·         Dikti,
·         Jurnal (Internasional – Online dan Science Direct – Single Password)
·         Hardcopy (JRAI, AAA, Acc. Reviews, Acc. Horizon)
Ada, volume, nomer urut dan sekian tahun.
·         Online (proquest, emerald, eselvier, etc.)
·         Ada database, ada hardcopy, urut minimal 5 tahun terakhir.
Akademik dan Administrasi

7.       Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
·         Jumlah Dosen berJAFA minimal 6 orang.
·         Dosen yang tidak aktif harus mendapat perhatian dan ketegasan dari Dekan dan Senat Fakultas.
·         Kekhasan Universitas, Fakultas, dan Prodi.
Contoh: Kewirausahaan (entrepreneurship) Universitas dan Fakultas wajib 2 semester plus prodi akuntansi 2 semester (4 semester = 2 semester Fakultas + 2 semester khas Prodi).
·         Mata Kuliah Dasar Umum (Berkehidupan Bersama): Bahasa (Inggrsi dan Indonesia) + Pendidikan Pancasila + Kewarganegaraan + di UMC ditambah dengan Bahasa Tionghoa.
·         Harus ada pengabdian kepada masyarakat
o   Internal (Ma Chung Abdimas Grant - MAG).
o   Ekternal (DP2M Dikti: IbM, IbW, IbK, IbIKK dan CSR perusahaan serta lembaga donor).
·         Peneliti atau pengabdi yang mengakses dana DP2M harus memiliki NIDN baik Ketua maupun Anggota, tanpa NIDN (walau anggota) proposal akan otomatis gugur.  Anggaran sebaiknya disusun mendekati plafon anggaran.
·         Proposal penelitian meningkat dari tahun ke tahun.
·         Adanya acuan mutu penelitian
o   Penelitian hasil kompetensi (contoh: DP2M).
o   Penelitian mandiri (terpublikasi dari jurnal terakreditasi).
o   Acuan Internasional (Scopus, tingkat kesulitan), tingkat sitasi).
·         Pengajaran + Penelitian + Pengabdian harus terintegrasi dengan Direktorat Penjaminan Mutu dengan Standar Mutu yang juga jelas.
·         Kegiatan Pakar Hanya yang terkait dengan keilmuan prodi.




Catatan Penelitian (Kelompok Madya DP2M)
·         Dosen Pemula (10juta per proposal),
·         Fundamental (30—50juta per proposal),
·         Penelitian Hibah Bersaiang (50—75juta per proposal),
·         Pasca/Pekerti (50—100 juta per proposal),
·         Stranas (100 juta per proposal),
·         Hibah Kompetisi Unggulan (0,5—1Milyar proposal).
·         Penelitian MP3EI, ada 12 bidang atau sector untuk semua bidang ilmu.  Bersifat multidisipliner tetapi publikasi harus inline dengan bidang keilmuan.

Catatan Tambahan:
·         Database à Ma Chung Accounting Total Solutions (MAC Acts)
o   Publikasi eksternal (Jurnal, thesis, dan berbagai publikasi lain)
o   Publikasi internal (materi ajar, tugas, makalah, artikel, Laporan PKL, Tugas Akhir, dan lainnya).
·         Lampiran, sebanyak-banyaknya dan selengkap-lengkapnya.

1 komentar:

Xclmedia mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.