Kamis, 21 Desember 2017

Catatan dari Accounting Study Tour 2017: Goes To Bandung



Accounting Study Tour 2017 – Goes To Bandung, 29 Mei – 2 Juni 2017
1.       Yamaha Musical Products Indonesia (YMPI), Pasuruan
Company Profile oleh Bapak Joko Winarno (Manajer HRD)
Alamat: Jalan Rembang Industri I/36 Kawasan Indsutri PIER Pasuruan.
Visi: Sharing passion and performance”
Yamaha Music berdiri pada tahun 1887 dengan produksi pertama organ.
Pada tahun 1940an diharuskan oleh pemerintah Jepang untuk mendukung Perang Dunia II dengan memproduksi propeler pesawat terbang.
Pada tahun 1955 mulai memproduksi sepeda motor memanfaatkan bahan sisa-sisa propeler pesawat.  Perusahaan sepeda motor dipisahkan dari perusahaan induk dan berdiri sendiri menjadi Yamaha Motor.
YMPI berdiri pada tanggal 1 mei 1997 dan beroperasi sejak april 1998.  Berdiri di atas tanah seluas 6 hektar dengan 19877 karyawan yang terdiri dari pendidikan S1 – 4%; D3 – 3%; SMA – 93%.  YMI terdiri dari 7 perusahaan (YI: Piano; YMMI: Gitar; YMMA: PSR; YMPI: alat musik tiup; YEMI: Saksofon).  YMI merupakan perusahaan alat musik (non tradisional) paling lengkap.
Produksi YMPI terdiri dari flute (400 unit/hari); Saxophone (300 unit/hari); Clarinet (400 unit/hari); Pianika (2.500 unit/hari); Benova (unit/hari); Recorder (15.000 unit/hari).  Sebagian besar merupakan produk untuk pasar ekspor (97%) dan hanya 3% di pasar lokal.
YMPI telah mengantongi ISO14000:2004; 9001; 18001.  YMPI menganut Kaizen Teian (5S).  Usuluan untuk perbaikan entitas oleh karyawan sebagai bentuk kepedulian karyawan (contionuous improvement).  Sistem produksi dengan Kanban System.  Kegiatan karyawan senam setiap pagi (taisho) dan kantin iternal.
CSR YMPI berbenetuk (1) Yamaha East Wind Orchestra oleh para karyawan; (2) pemagangan (SLTA); (3) YMPI go green di sekitar pbarik; (4) YMPI celaning day; (5) bakti sosial; (6) YMPI mengajar.

2.       PT Eigerindo, Bandung
Company profile oleh Bapak Aji Santoso (General Manager)
Alamat perusahaan di Jl. Soreang KM 11,5, Terusan Cikopo, Kabupaten Bandung.
Bless & Blessed Company sebagai group perusahaan yang terdiri dari PT Eigerindo sebagai Pemasaran dan Distribusi dan PT Exonindo sebagai Produksi (Export sejak tahun 1997; Eiger sejak tahun 2002; dan Body Pack).
Produksi ditopang oleh Human Resorce & General Affair + Research and Development; dan Finance & Accounting.  Produksi ditindaklanjuti dengan Quality Control dan Marketing Follow Up.
Pemesanan (order) dilanjutkan ke spesifikasi dan pola (worksheet) kemudian dibuatkan sample serta dihitung Harga Pokok Produksi dan margin yang diinginkan.  Jika sudah disepakati akan dilakukan produksi dengan sistem job order costing yang dievaluasi persemester.
Perusahaan beroperasi dengan orientasi hasil (laba).  Perhitungan biaya dan marjin dihtung detail berdasar aktivitas (jam kerja sampai tingkatan detik).
Pada tahun 2020 berencana untuk go internasional.
Salah satu bentuk CSR adalah Lawang Angin Project dengan aktivitas pembibitan dan penghijauan.  Tagetnya adalah menanam 1.000.000 pohon pertahun.
Tidak menggunakan reward and punishment system tetapi dedication system.  Karena masalah bawahan adalah masalah atasan.  Atasan tidak menghukum tetapi memberi solusi (sharing system).

3.       Sekoleh Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan Bangsa, Bandung
Company profile oleh Bapak Handoyo (Kaprodi Akuntansi) Bapak Bobby (Wakil Ketua STIEHB).
ITHB berdiri pada tahun 2002, sedangkan STIEHB berdiri pada tahun 2007.
Jumlah mahasiswa kurang lebih 50 mahasiswa perangkatan.
Jumlah dosen tetap 6 orang (5 aktif) dan sejumlah dosen luar biasa.
Kuliah klasikal dan tugas akhir hanya skripsi.

4.       Produsen Kaos C59, Bandung
Company profile oleh Bapak Mairus Widyarta atau Bapak Wiwied (Pendiri dan Pemilik C59)
Wisata Kreatif,beralamat di Jalan Caladi 59.  Caladi adalah burung pelatuk.
Luas pabrik kurang lebih 1 hektar yang terbagi menjadi (1) ruang potong; (2) ruang sablon; (3) ruang afdruk; (4) ruang jahit; (5) ruang finishing.
Modal awal berasal dari kado pernikahan pada usia 24 tahun.  Produksi awal dengan sistem pesanan (customed order) dengan minimal pesanan 50 pieces. Selanjutnya mendirikan perusahaan sablon pada tahun 1990 dengan produksi 3.000—5.000 kaos perhari. Merupakan pioneer usaha clothing di Bandung bahkan Indonesia. Produk orisinil, bukan menjiplak, berbasis kreatif, dan menjaga kualitas.
Akuntansi merupakan jantung perusahaan, bekerja berasar data.  Akuntan harus bisa menjaga efisiensi perusahaan. Omset perusahaan kurang lebih 100 Milyar perbulan. 
Tetapi yang terbaik bukan menjadi pekerja, tetapi menjadi pengusaha (entrepreneur).
Nilai-Nilai perusahaan tercermin dalam 59C.
Jumlah karyawan kurang lebih 500 karyawan.  Membangun jejaring dalam pemasaran dan mendukung merek-merek lokal.
Branding melalui personal branding dengan membangun jejarin dari komunitas sebagai jaringan kerja.  Membangun branding berbasis nilai-nilai lokal.
Keberhasilan dibangun dari kebersamaan dalam keberagaman.  Pak Wiwied dan keluarga beriman Katolik, tetapi dengan 99% karyawan beriman Muslim.

5.       Saung Angklung Mang Ujo, Bandung
Nilai-Nilai Angklung:
1.       Angklung berbeda satu dengan yang lain tetapi bila dimainkan secara bersama dengan harmoni yang benar akan menciptakan keindahan dan kebahagiaan.
2.       Tak peduli apa warna kulitmu, tak peduli dari mana asalmu, tak peduli apa agamamu.
3.       Bila hidup bersama dalam harmoni akan menjadikan hidup indah dan berbagia.
“Nature and Culture in Harmony”

Tidak ada komentar: