Kamis, 09 Maret 2023

REFLEKSI HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2015 : SEMINAR HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2015: KI HAJAR DEWANTARA MASA KINI

 Komunitas Home Schooling, Surabaya, 02 Mei 2015


HOME SCHOOLING

Oleh:  Eriyani (Gresik), Olly K (Kediri), dan Ibi (Klub Sinau Surabaya)

Tujuan pendidikan hari-hari ini hanya mengutamakan nilai dan ijasah.  Sehingga, kalau hanya untuk memperoleh ijasah tidakperlu sekolah formal, bisa melalui home schooling dan memperoleh ijasah dari Ujian Persamaan.  Keputusan sekolah atau tidak sekolah ada di tangan anak-anak sendiri.

Mendidik dengan prinsip Ki Hajar Dewantara, mendidik sesuai dengan fitrah anak.  Spiritualitas sebagai dasar utama pendidikan anak, tujuanya adalah menjadikan anak sebagai orang yang berguna.

“Ing ngarsah sung tuladah, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani”

(orangtua menjadi contoh atau teladan, orang tua menumbuhkan semangat belajar sesuai minat dan bakat sang anak, orangtua sebagai penyemangat anak untuk belajar).

Prinsip pendidikan adalah menjadikan anak merdeka, berkemandirian dengan mendorong anak untuk belajar mandiri.  Orangtua hanya sebagai fasilitator saja.  Spiritualitas sebagai dasar dari pendidikan.

Pembelajaran Mandiri

Pendidikan formal masih mengutamakan hafalan.  Pendidikan moral, etika, dan budaya kurang diperhatikan.  Proses belajar mengajar masih mekanis (catat-mencatat) saja dan kurang menerangkan.  Pengembangan potensi yang terhambat. 

 


 

BEDAH BUKU KI HAJAR DEWANTARA

 

Tidak ada komentar: